Finally ketemu kakak kece di UIGTM 2018

Pertama kalinya ikut Try Out Nasional di UIGTM 2018

Assalamualaikum guys …
Ini bakal jadi first post untuk blog baruku ini, karena ada kendala akun di blog yang lama jadi bikin blog baru deh. okelahhh langsung aja kita bahas tentang pengalaman dan keseruanku di UIGTM 2018 tadi …

Sejak kemarin sebenarnya aku sudah digalaukan dan bingung ikut UIGTM atau tidak, dikarena belum bilang dari kemarin dan lantaran tiket juga belum ada 😦 ahhh … jika diingat-ingat karena itu aku banyak menghabiskan waktuku sia-sia memikirkannya sampai gabisa tidur, hingga akhirnya aku yakin pasti bisa ikut bagaimanapun caranya. setelah meyakinkan diri barulah aku bisa beristirahat, meskipun malam itu masih diselingi sedikit ragu hingga pagi harinya akubilang ke abang kalau ingin ikut Try Out Nasional UIGTM di SMAN 1 setelah ngobrol bentar dan jelasin yashhh akhirnya dikasihh ikutt …

Yeachhh … finally, malah mau diantarin katanya :v sipp dehh, tumben nih gini biasanya kalau mendadak gitu malah gadikasih. Doaku dari kemarin-kemarin akhirnya terkabul bisa ikut UIGTM, meskipun sebenarnya kurang persiapan sih. But, It’s OK hitung-hitung ngukur kemampuan udah sampai mana hehehe

 

Antrian Panjang di SMAN 1 Medan
sekitar pukul 8 aku sampai di lokasi acara yaitu di SMAN 1 Medan yang berada di Jln. Cut Dik Tiro dan yang benar saja sudah terlihat antrian panjang peserta yang sedang registrasi ulang tiket masuk.
Antusias dan semangat peserta yang datang dari berbagai wilayah di kota Medan terlihat disini, mungkin ada sekitar 1000 orang yang akan mengikuti acara ini pikirku.

 

Menunggu Teman yang tak kunjung sampai
semalam salah satu temanku mengirimkan pesan melalu social media Instagram mengajak mengikuti acara tersebut dan akupun menyetujuinya karena memang sudah berniat hari ini untuk beli tiket On The Spot, sembari mengantri aku menunggu dia antara ada dan tiada pikirku. saat itu hpku dalam kondisi mati dikarenakan low bat sehingga menjadi kendala untuk mengetahui posisinya nanti.
Akhirnya aku meminjam gadget salah satu teman untuk menghubunginya via Instagram maupun Line akan tetapi tidak ada respon, ahh sudahlahh mungkin dia lagi ngantri juga atau hpnya mati.
Nanti juga ketemu didalam ucapku dalam hati.

Mau Ujian Try Out tapi ga punya perlengkapan?
Kalau hal seperti ini memang sudah menjadi kebiasaan buruk, terlalu sepele akan hal-hal kecil sebenarnya semalam aku sudah tau perlengkapan apa saja yang harus disiapkan tapi malah kutinggal tidur hehehe
hingga akhirnya pagi hari jadi panik sendiri cari papan ujian, pensil, penggaris dsb namun sayangnya semua tidak ketemu kecuali penggaris. bukannya aku tidak punya, akan tetapi sudah entah dimana karna sejak di sekolahku menerapkan Ujian Berbasis Komputer perlengkapan ujian tertulisku malah kuabaikan.
Terlebih lagi karna ini kali pertamanya aku ikut Try Out 3 tahun belakangan ini dan memang ini kurang persiapan. setelah tanya beberapa orang, mereka tidak ada yg mempunyai papan ujian aduhh saat itu aku benar-benar bingung. baiklah, aku memutuskan untuk membeli tiketnya dulu baru memikirkan solusi agar aku tetap bisa ikut ujian.

Cari papan ujian di Indomaret sampai masuk kelas XII MIA 6
Setelah mendapatkan tiket UIGTM 2018 SAINTEK ( sebenarnya aku saat itu bingung mau SAINTEK atau SOSHUM akan tetapi karena jurusan yg kuinginkan ada di SAINTEK yaa sudahlah ). selanjutnya aku keluar gedung SMAN 1 untuk mencari papan ujian dan pensil, tujuan pertamaku adalah Indomaret karna biasanya ada menjual paket perlengkapan ujian akan tetapi sayangnya tidak ada hingga akhirnya mencari tempat percetakan dan ATK tetapi sedang tutup karna itu ahri libur.
Akhirnya ketemu salah satu pedagang di depan sekolah ternyata ada menjual pensil dan perlengkapan lainnya akan tetapi sayangnya papan ujian sudah habis, ahh aku telat kenapa tidak sedari tadi aku tau ada yg jual disini.

Pada saat itu ada juga 2 orang yang buru-buru sedang membeli pensil yg kuketahui mereka anak SMAN 12 dan salah satu diantaranya tidak memiliki papan ujian juga, okelahh cukup lega pikirku ternyata bukan hanya aku yg tidak bawa papan ujian.
Sesampainya diantrian ternyata kami disuruh untuk masuk ke kelas yang sama, yaitu digedung sebelah kanan lantai 2 kelas XII MIA 6. tidak terlalu susah mencarinya dan kelasnya cukup baik dan terawat.

Tes Kemampuan dan Potensi Akademik dan Pengawas yang lucu
Iyaa Try Out pertama adalah tes kemampuan dan potensi akademik (TKA) soalnya memang tidak sesulit yang kubayangkan meskipun sebanarnya tidak semua soal bisa kujawab karna kali ini aku menerapkan strategi mengutamakan KUALITAS dibandingkan KUANTITAS. dimana aku hanya menjawab soal yang benar-benar aku yakin menjawabnya, di tahap pertama aku berhasil mengerjakan 26 soal dari 90 soal yang ada. hingga akhirnya aku hanya bisa mengisi 41 soal dan sisanya kukosongkan begitu saja.

Try Out Kedua SAINTEK Aduhh soal apa ini 😦
Setelah menyelesaikan Try Out pertama dan dilanjut istirahat sebentar, saatnya memasuki ruang ujian kembali untuk Try Out SAINTEK. Hhhmm … awalnya biasa saja, namun setelah iseng lihat sekilas soalnya kok satupun aku gaada yang benar-benar ngerti yaa 😦 antara pengen ngakak, sedih atau bingung semua campur aduk dah … disini ada pelajaran IPA, FISIKA, Matematika, dan Bahasa Inggris yang menurutku cukup sulit engga tau sih kalau menurut peserta lain. entah karena ini pertama kalinya aku ikut TO SBMPTN makanya sedikit kaget dengan soalnya, atau memang karena ketinggalan jauh 😦
Ahh dari 60 soal yang ada, kali ini kuputuskan untuk tidak terlalu ambil pusing dimana aku akan menjawab semua soal dengan modal faktor X (keberuntungan) hahahah
Kalau tadi SOSHUM kayaknya enak sih bisa ngarang, ini banyak hitung-hitungan yakali rumusnya aja aku gatau, ucapku dalam hati.

Bingung mau kemana dan pengawas yang lucu
Try Out telah selesai, acara selanjutnya adalah bedah kampus yang dipandu oleh kakak-kakak dari UI.
Awalnya bingung mau kemana, disamping karena gaada yang kenal (kecuali beberapa orang namun kelas berbeda) ternyata temanku yang semalam ngajak malah gajadi datang -_- benar-benar kesal jika sudah begitu, padahal sudah sedari pagi sibuk chat dia dan bela-belain charger hp dikelas ketika ujian berlangsung
Untungnya pengawasnya baik dan lucu, yaa lucunya dia suka banget bilang ” Jangan ribut dulu yaa … ” itu mulu diulang-ulang, sampai peserta pada ketawak karenanya.

Akhirnya kuputuskan untuk sholat dzuhur dulu di Masjid Ibnu Sina SMAN 1 Medan, sembari mencari orang yang mungkin kukenal ataupun kemana selanjutnya. setelah selesai sholat, aku memutuskan untuk pergi ke lapangan utama sembari melihat stand fakultas UI dan bazar lainnya yang disana juga ada 2 orang mc kece yang sedari tadi sudah heboh saat acara dimulai.
Stand yang kucari pastinya Fakultas Ilmu Komputer karna banyak hal yang ingin kutanyakan, maklumlah kalau sudah tertarik akan sesuatu suka kepo berlebihan. akan tetapi karena saat itu sedang banyak yang antri (fakultas favorit mah gitu) aku memutuskan untuk berkeliling dulu sembari melihat kakak-kakak MC yang sedang memandu acara, nahh pada saat itu ternyata sedang ada kuis. tak pikir panjang saat ditanya siapa yang mau maju kedepan, ya aku langsung maju saja.

Jawab pertanyaan dapat stiker UI dan follback dari youtubers Medan
Sesampainya didepan, aku langsung disodorkan pertanyaan yang sebenarnya akupun tidak tahu karna maju ya pengen maju aja siapatau ada yang kenal dan mendatangiku kesitu hehehe
pertanyaannya adalah Ada berapa jumlah danau di UI? ahh dengan yakin dan sangat yakin aku menjawab ” Lebih dari Satu ” dan memang benar kan? jawaban yang tidak salah namun kurang tepatt kata MCnya wkwk ehh tapi tetap dikasih hadiah juga berupa stiker UI dan Notebook dari MNC Media.

Saat ditanya nama, asal sekolah dan ingin masuk jurusan apa di UI aku menjawab FASILKOM UI.
yaa bg insan langsung datang dah karena dia juga anak fasilkom, dan bilang kalau aku yang kemarin minta dibikin video ceritanya gimana bisa masuk UI. sekalian minta di follback dah, dann yashh akhirnya follback sendiri heheheh lanjut ngobrol sebentar dan seperti iseng-iseng berhadiah sih yaa pastinya seruu …

Kepoin Stand FASILKOM UI dan ketemu peserta UIGTM 2017 terbaik
Setelah ngobrol sebentar dengan bg insan, saatnya kembali ke Stand FASILKOM yang sudah tidak seramai tadi. disana ada 3 kakak kece yang selalu siap menanti dan menjawab pertanyaan yang kita berikan seputar UI, banyak hal yang kutanyakan mulai dari bedanya Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Jalu Masuk ke UI, Sampai tips lulus SBMPTN. ternyata salah satu dari mereka itu adalah pengawas ujian ku di kelas XII MIA 6 tadi, dan kuketahui dari temannya ternyata dia peserta terbaik UIGTM tahun lalu.

dia masuk UI melalu jalur SNMPTN, dan sudah bisa ditebak pasti nilai-nilainya bagus dan segudang prestasi Ahh .. ga heran dah, dari mukanya memang kelihatan pintar dan wajar juga dia ambil jurusan Ilmu Komputer.

Photobooth pakai Jas Almamater UI Fasilkom sampai sharing tentang Fakultas Hukum bareng kak Cyntia
Terakhir, aku mendatangi lobby tempat dimana photobooth berlangsung dan ini merupakan salah satu yang menarik di acara ini. karena kita bisa photobooth menggunakan jas almamater yang kita inginkan dan hasil photonya langsung dicetak, itu sudah Include dari tiket masuk.
Buat yang gaikutan tahun depan haru ikutan deh … nah tiba saatnya gilaranku untuk foto, namun ternyata jas fasilkom yang kuinginkan katanya sedang dipakai jadi disarankan untuk menggunakan jas yang lain saja, akan tetapi aku tetap mau fasilkom dan ternyata ada bg insan tidak jauh darisitu.
Yaudah akubilang ke kakak yg jaga buat pakai jas bg insan aja, kan dia anak fasilkom dan pas banget dahh
Kesampaian juga pakai Jas Kuning kebanggaan anak UI dan ada markara FASILKOMnya, semoga saja tahun ini sudah punya jas seperti ini. selesai photo aku mendatangi bg insan dan ngobrol sebentar terus dia tanya ” udah pakai jas, ga sekalian? ” pertanyaan yang ambigu, sekalian apanya? ohh ternyata maksudnya ga sekalian photo hahaha yaudah akhirnya minta tolong salah satu kakak panitia untuk photoin.

 

Setelah selesai photo dan mumpung masih ada kesempatan akhirnya ngobrol lagi bareng bg insan dan tanya-tanya seputar UI dan sebagainya, tanya terus sampai semua pertanyaan diotak terjawab dan plong deh mumpung ada mahasiswanya langsung. Bg insan masuk UI melalui jalur SNMPTN, dan katanya sih dulu gakepikiran buat masuk UI tapi karena UGM kayaknya rame banget jadi milih UI dah.
Selesai perbincangan yang cukup panjang dilanjut dengan kak chyntia yang merupakan mahasiswa seangkatan bg insan dari Fakultas Hukum, Firs Impression ketemu kakak ini sih kayaknya smart wkwkwk

dari cara ngomongnya yang cepat dan ga belibet ditambah jiwa costumer service yg mungkin melekat membuatnya dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan yang kita lontarkan, pastinya kebanyakan seputar hukum mulai dari kenapa milih hukum, prosfek kerja selain jadi pengacar dan hakim sampai bahas artis dan selebram yang ada di Fakultas Hukum UI.
ternyata kak chyntia seangkatan sama Sarah Gibson, itu lho temannya Awkarin wkwk sering banget lihat snapramnya dia meskipun ga senagih lihat snapgram awkarin. maunya tahun ini awkarin juga masuk UI yaa biar seangkatan samaku hahahah.

Setelah semua pertanyaan dijawab bahkan sampai kak chyntia yang memancing untuk bertanya lagi dan lagi, akan tetapi karena sepertinya ada temannya yg memanggilnya akhirnya kami sudahi percakapan panjang itu.

Kesan dan Pesan UIGTM 2018
Kesan saya mengikuti acara UIGTM 2018 adalah seru dan banyak hal baru serta ilmu yang saya dapatkan disini, mulai dari kita harus respect ke orang lain, rendah hati dan tidak sombong karena disini saja ternyata banyak orang yang ilmunya lebih tinggi dari kita, sampai jangan pelit ilmu dan senang sharing dengan orang lain.

Pesan saya untuk UIGTM 2019 semoga bisa lebih sukses dan terencana lagi, fasilitas yang diberikan semakin menarik dan antusias peserta bisa 2 kali lebih banyak dibanding tahun ini.
pastinya bakalan lebih keren kalau tahun depan saya juga menjadi salah satu panitia UIGTM 2019

Pesimis atau Optimis masuk FASILKOM UI?
Awalnya sangat semangat dan memang terniat untuk ambil jurusan dan milih kampus ini, berbagai rencana dan target sudah disusun hingga tiba saatnya mengalami berbagai kendala yang membuat sedikit down hingga tiba menjawab soal try out tadi akhirnya benar-benar pesimis, jangankan UI mungkin USU saja kalau ilmunya segini malah ga lolos 😦
Tetapi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s